Minggu, 27 April 2014

Tugas softskill BAB 1

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar belakang

Dalam dunia yang sudah era globalisasi pada saat ini persaingan mode semakin banyak manusia melakukan berbagai cara apa saja guna memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. baikdalamkehidupaneksternmaupunintern,yaitu semata-mata ingin  mendapatkan laba atau rugi yang merupakan barang atau pun jasa. masalah yang timbul adalah minim nya alat pemuas dan banyak kebutuhan (faktor-faktor produksi) dan banyak nya kebutuhan manusia yang belum tepenuhi. Pemenuhan kebutuhan sangat penting untuk menghasilkan jasa, ternyata masalah pemilihan yang dilakukan oleh individu-individu atau kelompok (masyarakat) dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi sebagai alat pemuas kebutuhan. Manusia sebagai konsumen pasti ingin mendapatkan kepuasan yang maksimum untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya, begitu juga dengan manusia sebagai produsen pasti ingin mendapatkan kepuasan yang maksimum juga. Aspek penting dari suksesnya sebuah perusahaan adalah bagaimana cara perusahaan tersebut dalam memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggannya sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing dengan pesaing lainnya guna untuk mendapatkan banyak konsumen serta untuk mendapatkan banyak konsumen serta untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Sekarang ini banyak berdiri perusahaan yang bergerak dibidang jasa perawatan dan kecantikan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen, oleh karena itu saat ini banyak sekali persaingan harga yang muncul untuk mendapatkan banyak konsumen dan laba. Perusahaan – perushaan jasa perawatan dan kecantikan yang muncul saat ini masing -  masing memiliki strategi pemasaran yang beraneka ragam untuk menarik perhatian para konsumen atau pelanggannya, contoh nya berupa potongan harga, memberikan pelayanan yang terbaik, dan lain sebagainya untuk tercapai nya tingkat kepuasan konsumen dan banyak nya laba yang di dapat.
Mengukur kepuasan konsumen merupakan suatu kegiatan yang memegang peranan penting agar dapat berhasil di dalam membuka usaha atau bisnis karena berdampak pada respon konsumen selanjutnya. Konsumen yang  merasa puas kemungkinan akan datang lagi serta memberikan suara-suara positif tentang suatu produk atau jasa yang sudah diberikan kepada konsumen.
Old man barbershop merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa yang menyediakan jasa perawatan dan hairstyle kebutuhan gaya hidup konsumen yang beraneka ragam untukmemenuhi kebutuhan para konsumen.untuk proses pemenuhan kebutuhan para konsumen old man barbershop harus dapat menarik perhatian banyak konsumen dengan memberikan kepuasan kepada para konsumen atau pelanggannya. Sejalan dengan hal tersebut old man barbershop berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas jasa pelayanan nya jasa pelayan disini adalah pelayanan jasa yang diberikan old man barbershop kepada konsumen, pelayanan keamanan dan kenyamanan pada konsumen, pelayanan karyawan pada konsumen, dan pelayanan produk atau barang yang di sediakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen. Hal ini di lakukan dengan harapan jika konsumen merasa puas terhadap pelayanan jasa yang diberikan old man barber shop, maka konsumen akan kembali lagi pada kesempatan yang lain.
Maka berdasarkan uraian dan penjelasan diatas, penulis memilih judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA OLD MAN BARBERSHOP”


1.2              Perumusan masalah

Dari uraian diatas yang menjadi permasalahan adalah kepuasan pada konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya factor pelayanan yang ada pada permasalahan dalam penulisan ilmiah ini yaitu, bagaimana strategi pada tingkat kepuasan konsumen yang di lakukan oleh old man barbershop. Dalam perusahaan barbershop ini memberikan pelayanan kepada konsumen, diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk memakai jasa perawatan dan hairstyle di tempat tersebut dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan jasa yang diberikan oleh old man barbershop kepada konsumen.

1.3              Batasan masalah

Dalam batasan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah :
Dimana (x) merasa puas terhadap pelayanan yang di berikan pada old man barbershop dan dimana (Y) tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan old man barbershop.

1.4              Tujuan penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1.      Bahan masukan bagi Old Man Barbershop khususnya dalam bidang pelayanan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi.
2.      Memperoleh informasi empiris bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsung postif terhadap kepuasan konsumen.
3.      Memperoleh informasi empiris bahwa produk berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen.
4.      Menambah pengetahuan penulis dalam bidang pemasaran yang merupakan salah satu fungsi manajement.
5.      Menerapkan teori – teori yang di dapatkan oleh penulis selama mengikuti perkuliahan.

1.5              Kerangka Pemikiran dan Hipotesis Penelitian

 


 

Hipotesis statistic adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi. Terbukti atau tidaknya suatu hipotesis tidak akan pernah diketahui dengan pasti kecuali bila sudah memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian
            Ho :Konsumen tidak merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Old Man      Barbershop
            Ha :Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Old Man    Barbershop


1.6              Manfaat penelitian
Dengan dibuat nya penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat,
Yaitu :



1.      Bagi pembaca
Sebagai bahan masukan dari pihak-pihak yang ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa agar dapat meningkatkan kepuasan pada konsumen.
2.      Bagi penulis
Sebagai sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan wawasan berfikir. Bahan informasi ilmiah dalam pengembangani lmu pengetahuan tentang pengaruh pelayanan jasa terhadap tingkat kepuasan.
3.      Bagi perusahaan

a.       Mempunyai strategi yang bisa meningkatkan kepuasan konsumen dan juga siapapun untuk menghadapi persaingan dengan Barbershop lainnya.
b.      Adanya kemungkinan memberikan input atau masukan yang berguna bagi perusahaan dalam rangka meramalkan tingkat kepuasan konsumen pada Old Man Barbershop.




1.7              Metodelogi Penelitian

Untuk mendapatkan kelengkapan data dariinformasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini, maka penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut:
1.7.1    Objek penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ini adalah Old Man Barbershop yang terletak di Jl. Harapan Baru Blok DA/3 No.9 Bekasi Barat.
1.7.2    Data / Variabel
Dalam penulisan ini penulis menggunakan data Chi Square dan Skala Likert dengan menggunakan kuesiner yang berisi 14 pertanyaan dengan mengambil sampel 50 responden.
Terdapat 5 dimensi pelayanan diantaranya yaitu :
-          Dimensi kehandalan
-          Dimensi wujud
-          Dimensi kecepatan
-          Dimensi perhatian
-          Dimensi jaminan
Terdapat 7 dimensi produk diantaranya yaitu:
-          Dimensi kinerja
-          Dimensi daya tahan
-          Dimensi kesesuaian dengan sepesifikasi
-          Dimensi fitur
-          Dimensi reliabilitasi
-          Dimensi estetika
-          Dimensi kesan kualitas

1.7.3    Metode pengumpulan Data/Variabel
            Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode kuesioner. Yaitu metode yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada 50 responden. Pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan berupa pertanyaan Likert.
Contoh Likert:
a)      Sangat puas dengan bobot nilai sebesar                      = 5
b)      Puas dengan bobot nilai sebesar                                 = 4
c)      Biasa saja dengan bobot nilai sebesar                         = 3
d)     Kurang puas dengan bobot nilai sebesar                     = 2
e)      Tidak puas dengan bobot sebesar                               = 1

1.7.4    Alat Analisis yang digunakan
            Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

A.    Analisis Deskriptif Menganalisa masalah dengan cara mendeskriptifkan nya dengan menggunakan alat statistic.

B.     Skala Likert

C.     Uji Chi Square

D.    Analisis Regresi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar