BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang
Dalam dunia yang sudah era globalisasi pada saat ini
persaingan mode semakin banyak manusia melakukan berbagai cara apa saja guna memenuhi
kebutuhan gaya hidupnya. baikdalamkehidupaneksternmaupunintern,yaitu semata-mata
ingin mendapatkan laba atau rugi yang
merupakan barang atau pun jasa. masalah yang timbul adalah minim nya alat pemuas
dan banyak kebutuhan (faktor-faktor produksi) dan banyak nya kebutuhan manusia
yang belum tepenuhi. Pemenuhan kebutuhan sangat penting untuk menghasilkan jasa,
ternyata masalah pemilihan yang dilakukan oleh individu-individu atau kelompok
(masyarakat) dalam mengalokasikan sumber-sumber ekonomi sebagai alat pemuas kebutuhan.
Manusia sebagai konsumen pasti ingin mendapatkan kepuasan yang maksimum untuk memenuhi
kebutuhan gaya hidupnya, begitu juga dengan manusia sebagai produsen pasti ingin
mendapatkan kepuasan yang maksimum juga. Aspek penting dari suksesnya sebuah perusahaan
adalah bagaimana cara perusahaan tersebut dalam memberikan kepuasan kepada konsumen
atau pelanggannya sehingga perusahaan tersebut dapat bersaing dengan pesaing lainnya
guna untuk mendapatkan banyak konsumen serta untuk mendapatkan banyak konsumen serta
untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Sekarang ini banyak berdiri perusahaan yang bergerak
dibidang jasa perawatan dan kecantikan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen,
oleh karena itu saat ini banyak sekali persaingan harga yang muncul untuk mendapatkan
banyak konsumen dan laba. Perusahaan – perushaan jasa perawatan dan kecantikan
yang muncul saat ini masing - masing memiliki
strategi pemasaran yang beraneka ragam untuk menarik perhatian para konsumen atau
pelanggannya, contoh nya berupa potongan harga, memberikan pelayanan yang
terbaik, dan lain sebagainya untuk tercapai nya tingkat kepuasan konsumen dan banyak
nya laba yang di dapat.
Mengukur kepuasan konsumen merupakan suatu kegiatan
yang memegang peranan penting agar dapat berhasil di dalam membuka usaha atau bisnis
karena berdampak pada respon konsumen selanjutnya. Konsumen yang merasa puas kemungkinan akan datang lagi serta
memberikan suara-suara positif tentang suatu produk atau jasa yang sudah diberikan
kepada konsumen.
Old man barbershop merupakan salah satu perusahaan
yang bergerak pada bidang jasa yang menyediakan jasa perawatan dan hairstyle
kebutuhan gaya hidup konsumen yang beraneka ragam untukmemenuhi kebutuhan para
konsumen.untuk proses pemenuhan kebutuhan para konsumen old man barbershop
harus dapat menarik perhatian banyak konsumen dengan memberikan kepuasan kepada
para konsumen atau pelanggannya. Sejalan dengan hal tersebut old man barbershop
berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas jasa pelayanan nya jasa pelayan disini
adalah pelayanan jasa yang diberikan old man barbershop kepada konsumen, pelayanan
keamanan dan kenyamanan pada konsumen, pelayanan karyawan pada konsumen, dan pelayanan
produk atau barang yang di sediakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen.
Hal ini di lakukan dengan harapan jika konsumen merasa puas terhadap pelayanan jasa
yang diberikan old man barber shop, maka konsumen akan kembali lagi pada kesempatan
yang lain.
Maka berdasarkan uraian dan penjelasan diatas, penulis
memilih judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA OLD MAN
BARBERSHOP”
1.2
Perumusan
masalah
Dari uraian diatas yang menjadi permasalahan adalah kepuasan
pada konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya factor pelayanan
yang ada pada permasalahan dalam penulisan ilmiah ini yaitu, bagaimana strategi
pada tingkat kepuasan konsumen yang di lakukan oleh old man barbershop. Dalam perusahaan
barbershop ini memberikan pelayanan kepada konsumen, diharapkan dapat menarik minat
konsumen untuk memakai jasa perawatan dan hairstyle di tempat tersebut dan mengetahui
tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan jasa yang diberikan oleh old man
barbershop kepada konsumen.
1.3
Batasan
masalah
Dalam batasan masalah dalam
penulisan ilmiah ini adalah :
Dimana (x) merasa puas terhadap
pelayanan yang di berikan pada old man barbershop dan dimana (Y) tidak merasa puas
terhadap pelayanan yang diberikan old man barbershop.
1.4
Tujuan
penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1. Bahan
masukan bagi Old Man Barbershop khususnya dalam bidang pelayanan agar dapat
meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi.
2. Memperoleh
informasi empiris bahwa kualitas pelayanan berpengaruh langsung postif terhadap
kepuasan konsumen.
3. Memperoleh
informasi empiris bahwa produk berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan
konsumen.
4. Menambah
pengetahuan penulis dalam bidang pemasaran yang merupakan salah satu fungsi
manajement.
5. Menerapkan
teori – teori yang di dapatkan oleh penulis selama mengikuti perkuliahan.
1.5
Kerangka
Pemikiran dan Hipotesis Penelitian
Hipotesis
statistic adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi.
Terbukti atau tidaknya suatu hipotesis tidak akan pernah diketahui dengan pasti
kecuali bila sudah memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian
Ho :Konsumen tidak merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan Old Man Barbershop
Ha :Konsumen merasa puas terhadap pelayanan
yang diberikan Old Man Barbershop
1.6
Manfaat
penelitian
Dengan dibuat nya penelitian
ini di harapkan dapat memberikan manfaat,
Yaitu :
1. Bagi
pembaca
Sebagai
bahan masukan dari pihak-pihak yang ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan jasa agar dapat meningkatkan kepuasan pada konsumen.
2. Bagi
penulis
Sebagai
sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan wawasan berfikir. Bahan informasi ilmiah
dalam pengembangani lmu pengetahuan tentang pengaruh pelayanan jasa terhadap tingkat
kepuasan.
3. Bagi
perusahaan
a. Mempunyai
strategi yang bisa meningkatkan kepuasan konsumen dan juga siapapun untuk menghadapi
persaingan dengan Barbershop lainnya.
b. Adanya
kemungkinan memberikan input atau masukan yang berguna bagi perusahaan dalam rangka
meramalkan tingkat kepuasan konsumen pada Old Man Barbershop.
1.7
Metodelogi
Penelitian
Untuk mendapatkan kelengkapan
data dariinformasi yang dibutuhkan dalam penulisan ilmiah ini, maka penulis menggunakan
metode penelitian sebagai berikut:
1.7.1 Objek
penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ini
adalah Old Man Barbershop yang terletak di Jl. Harapan Baru Blok DA/3 No.9
Bekasi Barat.
1.7.2 Data / Variabel
Dalam
penulisan ini penulis menggunakan data Chi Square dan Skala Likert dengan menggunakan
kuesiner yang berisi 14 pertanyaan dengan mengambil sampel 50 responden.
Terdapat
5 dimensi pelayanan diantaranya yaitu :
-
Dimensi kehandalan
-
Dimensi wujud
-
Dimensi kecepatan
-
Dimensi perhatian
-
Dimensi jaminan
Terdapat
7 dimensi produk diantaranya yaitu:
-
Dimensi kinerja
-
Dimensi daya tahan
-
Dimensi kesesuaian dengan sepesifikasi
-
Dimensi fitur
-
Dimensi reliabilitasi
-
Dimensi estetika
-
Dimensi kesan kualitas
1.7.3 Metode pengumpulan Data/Variabel
Dalam
mengumpulkan data penulis menggunakan metode kuesioner. Yaitu metode yang
berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada 50 responden.
Pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan berupa pertanyaan Likert.
Contoh
Likert:
a) Sangat
puas dengan bobot nilai sebesar =
5
b) Puas
dengan bobot nilai sebesar = 4
c) Biasa
saja dengan bobot nilai sebesar = 3
d) Kurang
puas dengan bobot nilai sebesar =
2
e) Tidak
puas dengan bobot sebesar = 1
1.7.4 Alat Analisis yang digunakan
Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
A. Analisis
Deskriptif Menganalisa masalah dengan cara mendeskriptifkan nya dengan menggunakan
alat statistic.
B. Skala
Likert
C. Uji
Chi Square
D. Analisis
Regresi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar