Minggu, 27 April 2014

tugas softskill BAB III



BAB III
METODE PENELITIAN

3.1          Objek Penelitian
                Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah Oldman Barbershop milik Okky Chandra yang beralamat Jl. Harapan Baru Blok DA/3 No.9 Ruko Harapan Baru 1 Bekasi Barat. Barbershop ini memberikan pelayanan jasa di bidang hairstyle diantaranya tata rias rambut,wajah,dan tubuh.

3.2          Data/Variabel Yang digunakan
                Kuesioner yang dibuat dalam penelitian ini terdiri dari 14 pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas. Daftar pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan mengandung 5 variabel, diantaranya adalah :
a.       Realiability (kehandalan), yaitu kemampuan memberikan pelayanan kepada konsumen. Kemampuan tersebut adalah tingkat profesionalisme kerja karyawan dalam menangani dan melayani konsumen.
b.      Tangibles (wujudnya), yaitu tampilan fisik perusahaan, yang akan diteliti disini adalah kebersihan, kenyamanan, fasilitas, kerapihan dalam bertugas baik dalam bentuk pakaian maupun area kerja.
c.       Responsiveness (kecepatan), yaitu kemampuan untuk membantu dan memberikan pelayanan dengan cepat. Kemampuan tersebut adalah tangapan terhadap keluhan dari konsumen, cepat dalam pelayanan, mempunyai inisyatif dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada konsumen.
d.      Assurance (jaminan), yaitu profesionalisme, kesopanan, dan kemampuan karyawan untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan. Yang akan diteliti disini adalah ketetapan, harga, dan kenyamanan.
e.      Emphati (perhatian), yaitu perhatian secara individu kepada konsumen. Yang akan diteliti disini adalah sikap sopan kepada konsumen, memberi perhatian penuh kepada masing-masing konsumen serta sikap tanggap karyawan terhadap konsumen.

Jenis Variabel :
1.       Dimensi kehandalan
2.       Dimensi wujud
3.       Dimensi kecepatan
4.       Dimensi perhatian
5.       Dimensi jaminan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar