BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Objek
Penelitian
Objek penelitian
dalam penulisan ilmiah ini adalah Oldman Barbershop milik Okky Chandra yang
beralamat Jl. Harapan Baru Blok DA/3 No.9 Ruko Harapan Baru 1 Bekasi Barat. Barbershop
ini memberikan pelayanan jasa di bidang hairstyle diantaranya tata rias
rambut,wajah,dan tubuh.
3.2 Data/Variabel
Yang digunakan
Kuesioner
yang dibuat dalam penelitian ini terdiri dari 14 pertanyaan yang berkaitan
dengan kualitas. Daftar pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan
mengandung 5 variabel, diantaranya adalah :
a.
Realiability (kehandalan), yaitu kemampuan
memberikan pelayanan kepada konsumen. Kemampuan tersebut adalah tingkat
profesionalisme kerja karyawan dalam menangani dan melayani konsumen.
b.
Tangibles (wujudnya), yaitu tampilan fisik
perusahaan, yang akan diteliti disini adalah kebersihan, kenyamanan, fasilitas,
kerapihan dalam bertugas baik dalam bentuk pakaian maupun area kerja.
c.
Responsiveness (kecepatan), yaitu kemampuan untuk
membantu dan memberikan pelayanan dengan cepat. Kemampuan tersebut adalah
tangapan terhadap keluhan dari konsumen, cepat dalam pelayanan, mempunyai
inisyatif dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada konsumen.
d.
Assurance (jaminan), yaitu profesionalisme,
kesopanan, dan kemampuan karyawan untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan. Yang
akan diteliti disini adalah ketetapan, harga, dan kenyamanan.
e.
Emphati (perhatian), yaitu perhatian secara
individu kepada konsumen. Yang akan diteliti disini adalah sikap sopan kepada
konsumen, memberi perhatian penuh kepada masing-masing konsumen serta sikap
tanggap karyawan terhadap konsumen.
Jenis Variabel :
1.
Dimensi kehandalan
2.
Dimensi wujud
3.
Dimensi kecepatan
4.
Dimensi perhatian
5.
Dimensi jaminan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar